Facebook

header ads

Kalau Ada Kelebihan, Siapa Tahu...

pic by: hanna morris - Unsplash

Kalau ada kelebihan uang;

Bantulah orang lain yang membutuhkan. Siapa tahu ada yang belum makan saat ini, karena tak punya uang. Tak mengepul dapurnya. Tak ada tepung yang diadon. 

Bantulah orang yang punya utang, yang ia berat membayarnya. Siapa tahu ia merasa martabatnya rendah karena dera utangnya. 

Bantulah orang yang ingin memulai bisnisnya, karena kemampuan uangnya sudah tak mencukupi kebutuhan hidupnya lagi. Siapa tahu ia sedang menunggu orang datang memodalinya dengan uang. 

Bantulah orang yang ingin pergi berjumpa dengan ortu nya di kampung, sedang ia kekurangan ongkos. Siapa tahu ia sedang rindu berat dan menahan haru karena asa bertemu yang sudah menggebu. 

Bantulah ibu yang mencubit anaknya yang merengek sambil menangis minta dibelikan makanan yang disukainya. Sedangkan ibu tersebut tak punya uang untuk mengabulkannya. Siapa tahu ibu tersebut keliling pasar secara sengaja mengajak anaknya dengan harapan ada yang simpati dengan tangisan anaknya. 

Bantulah orang-orang miskin dan papa yang tertunduk di sudut-sudut jalan sambil menahan perutnya yang keroncongan lapar. Siapa tahu itu adalah hari ketiganya ia kelaparan. 

Bantulah orang-orang muslim dibelahan bumi lain yang kesulitan air bersih karena kejahatan perang tanpa henti. Siapa tahu mereka dahaga dan lelah menggali untuk mendapatkannya, namun mustahil ditemui. 

Bantulah kalau ada kelebihan, meskipun kelebihan uang dapat dimanfaatkan untuk bersenang-senang, 
- pelesiran dan makan enak, 
- menginap di hotel berbintang dan menikmati fasilitas nya. 
- mengikuti selera hati demi kesenangan dan kebahagiaan. 
- mengisi malam dengan musik dan hiburan. 
- serta kepuasan lainnya. 

Tapi ada ruang pahala terbaik bagi sedekah, infaq, wakaf, memperluas medan dakwah, dibandingkan "menghamburkan" untuk perut dan kegembiraan pribadi. 

Kalau ada kelebihan, 
- siapa tahu itu ujian, 
- siapa tahu itu kemubadziran. 
- siapa tahu itu kesia-siaan. 
- siapa tahu itu penyesalan. 

Kalau ada kelebihan, 
- siapa tahu ia berbuah kebaikan dan kemuliaan. 
- siapa tahu ia bermanfaat yang sangat bagi orang lain. 
- siapa tahu ia syarat kemenangan dan kejayaan. 
- siapa tahu ia bukti kecintaan-Nya.

Posting Komentar

0 Komentar